Close

Mei 25, 2023

4 Hal yang Perlu Diketahui tentang Crane

crane

Saat mendengar istilah crane, sebagian dari Anda mungkin ada yang belum mengetahuinya dan masih belum mengetahui kata tersebut. Namun tanpa disadari, Anda sering menjumpainya di berbagai bidang konstruksi. Crane adalah peralatan konstruksi yang digunakan untuk mengangkat atau memindahkan material berat. Yuk, simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini! 

Daftar isi

Pengertian Crane

Crane adalah salah satu alat berat yang digunakan dalam industri konstruksi dan manufaktur untuk mengangkat, memindahkan, dan menurunkan beban yang berat atau besar.Crane adalah sebuah alat berat yang terdiri dari jib (lengan) yang dapat diangkat dan diputar, serta dilengkapi dengan mekanisme penggerak dan mekanisme angkat. Mampu berputar sampai 360 derajat dengan jangkauan hingga puluhan meter. Biasanya alat ini sering sekali digunakan dalam pekerjaan proyek, perbengkelan, industri, pelabuhan, pergudangan dan masih banyak lainnya.

Fungsi Crane

Fungsi utama crane adalah mengangkat material dan memindahkannya ke tempat lain yang diinginkan. Material yang diangkat bukanlah bahan yang ringan ataupun bahan yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Crane mengangkat material yang sangat berat biasanya digunakan untuk pembangunan rumah, industri, pelabuhan, pergudangan, dll. 

Berikut adalah beberapa fungsi crane:

  • Mengangkat dan memindahkan material konstruksi seperti balok baja, beton, dan bahan bangunan lainnya.
  • Memasang struktur besar seperti tiang pancang, jembatan, atau menara.
  • Membantu dalam proses pemuatan dan pembongkaran barang di pelabuhan atau area logistik.
  • Mendukung proses produksi dengan mengangkat atau memindahkan mesin dan peralatan berat.

 

Jenis Crane

Terdapat beberapa jenis crane yang sering digunakan, antara lain:

Crane Tower

Crane yang dipasang secara tetap pada bangunan atau struktur tinggi. Ketinggian dari tower crane kurang lebih mencapai 70 meter yang mampu mengangkat material dengan berat mencapai kurang lebih 20 ton. Sementara itu, pengaturan terhadap crane ini adalah tetap berada dimana crane tersebut ditancapkan. Untuk bagian dasarnya terbuat dari beton. Kemudian untuk proses penancapannya menggunakan baut yang berukuran sangat besar serta berkualitas tinggi.

Crane Mobil/ Truk Crane 

Crane yang dapat dipindahkan dan digunakan di berbagai lokasi. Truck crane juga terkadang dinamakan sebagai mobil crane. Tipe crane yang satu ini sering kamu temukan dipasang pada truk yang dilengkapi dengan tingkat fleksibilitas yang bagus sehingga mampu bergerak menuju barang yang akan diangkut. Berbeda degan tower crane yang posisinya berada di satu titik, truk crane dapat kamu bawa langsung menuju lokasi. Anda dapat membawa crane jenis ini langsung ke lokasi konstruksi tanpa kendaraan pengangkut atau trailer. Tiang dapat dipasang selama operasi. Truk derek juga dapat diputar hingga 360 derajat. 

Hydraulic Crane

Hydraulic Crane adalah jenis crane yang hanya dapat digunakan dengan skala bengkel atau gudang. Untuk tipe ini, memiliki struktur yang sederhana, tetapi tidak cukup fleksibel untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Karena jangkauannya yang terbatas, hydraulic crane tidak memiliki jangkauan yang panjang dan hanya dapat berputar 180 derajat. 

Crawler Crane

Alat ini termasuk ke dalam salah satu alat konstruksi yang mampu mengangkut barang berat sekaligus memiliki jangkauan pengangkutan. Crawler crane adalah jenis crane yang banyak digunakan pada proyek pembangunan dengan jangkauan tidak begitu panjang. Pada rodanya dilengkapi dengan rantai yang memungkinkan crane melakukan perpindahan saat digunakan pada berbagai medan.

Crane Pelabuhan

Untuk jenis selanjutnya yaitu crane pelabuhan. Terdengar dari namanya, tentu Anda sudah dapat mengira bahwa alat ini pastinya dipergunakan sebagai alat bantu yang ada di pelabuhan. Yaps, itu betul, biasanya alat ini digunakan untuk bongkar muat pada kapal yang baru datang di pelabuhan.

Crane Terapung

Selain digunakan dan dipasang pada darat dan langit-langit, ternyata ada jenis crane yang beroperasi di jalur laut. Salah satu kelebihan dari crane trapung adalah mempunyai kapasitas pengangkutan yang sangat besar.Kapasitasnya tersebut bahkan mencapai 9000 ton dan jauh lebih besar dibandingkan jenis crane yang lain. Dikarenakan kemampuan inilah yang membuat crane tersebut bisa digunakan untuk mengangkat kapal yang tenggelam maupun mengangkut muatan kapal.

 

Tips Sebelum Sewa Crane

Sebelum Anda menyewa crane, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Tentukan jenis dan kapasitas crane yang sesuai dengan proyek atau kegiatan Anda.
  • Periksa lisensi dan keamanan, pastikan penyewa crane memiliki lisensi yang valid dan crane yang disewakan telah dilakukan pemeriksaan keamanan yang tepat.
  • Pertimbangkan biaya dengan membandingkan harga sewa dari beberapa penyedia crane untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  • Pastikan crane yang disewa dalam kondisi yang baik dan menjalani perawatan secara teratur.
  • Jelaskan kebutuhan spesifik proyek Anda kepada penyedia crane untuk memastikan crane yang disewa sesuai dengan persyaratan Anda.

Baca Juga: 5 Jenis Packing Kargo dan Tips Agar Pengirimanmu Lebih Efektif

 

Crane adalah alat berat yang penting dalam industri konstruksi dan manufaktur. Dengan memahami pengertian, fungsi, dan jenis crane, Anda dapat memilih crane yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum menyewa crane, pastikan Anda mengikuti tips yang disebutkan untuk memastikan keselamatan, kualitas, dan efisiensi penggunaan crane dalam proyek atau kegiatan Anda.

Selain menyediakan jasa pengiriman kargo, STP-Grup juga memiliki jasa sewa Crane yang akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan kontruksi yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *